• gambar
  • header

Selamat Datang di Website MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 KOTA BIMA. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 KOTA BIMA

NPSN : 50223278

Jl.Wolter Monginsidi No.02 Kota Bima


info@man2kotabima.sch.id

TLP : (0374) 42374


          

Prestasi Siswa

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 140343
Pengunjung : 48822
Hari ini : 46
Hits hari ini : 122
Member Online : 0
IP : 44.197.230.180
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Sosialisasi PIK-R Genic MAN 2 Kota Bima




Kota Bima – Dalam rangka menjaring anggota baru di awal tahun pelajaran 2022/2023, PIK-R GENIC MAN 2 Kota Bima mulai melakukan seleksi anggota. Demikian keterangan Pembina PIK-R GENIC MAN 2 Kota Bima Julianingsih, S.Pd, Sabtu (23/07) sore di area madrasah setempat.

 

Hari ini pertemuan perdana di awal tahun pelajaran 2022/2023. Kami sedang merekrut dan menyeleksi anggota yang benar-benar memiliki kompetensi”, terang Julianingsih.

 

Adapun materi awal pada pertemuan perdana diberikan oleh Muhammad Nizar yang berhasil lolos seleksi sebagai salah satu dari 20 finalis Duta Generasi Berencana (GenRe) Provinsi NTB Tahun 2022. Muhammad Nizar lolos sebagai finalis 5 besar Duta GenRe Jalur Pendidikan Kategori Putra.

 

Muhammad Nizar ditunjuk sebagai Ketua PIK-R GENIC MAN 2 Kota Bima dan langsung sebagai pematerinya”, lanjut Julianingsih yang merupakan guru Bimbingan Konseling di MAN 2 Kota Bima ini.

 

Dijelaskan bahwa PIK-R merupakan wadah bagi para remaja untuk melaksanakan program kegiatan Pusat Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi dalam mempersiapkan kehidupan berkeluarga.

 

PIK Remaja berperan dalam upaya pengendalian penduduk dengan mencegah pernikahan usia dini. Keberadaan dan peranan PIK Remaja di lingkungan  remaja/usia sebaya sangat penting artinya dalam membantu remaja untuk mendapatkan informasi dan pelayanan konseling yang cukup dan benar tentang Pusat Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR)”, lanjutnya.

 

Pembentukan PIK-R sangat penting karena dengan keberadaan PIK-R, para remaja diharapkan dapat terhindar dari berbagai perilaku negatif  seperti penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas. Sehingga remaja dapat tumbuh dan berkembang menjadi Generasi Berencana (GenRe) yang sehat, cerdas, dan ceria.     

 

PIK-R memiliki kepanjangan Pusat Informasi Konseling  Remaja. Sementara GenRe memiliki kepanjangan Generasi Berencana. Keduanya merupakan program dari BKKBN.

 

Duta GenRe merupakan duta BKKBN yang bertugas memberikan sosialisasi dan promosi program GenRe meliputi tentang Kesehatan Reproduksi Remaja. Duta Genre akan mengabdikan dirinya selama 1 tahun serta menjadi motivator/pembimbing calon Duta Genre tahun berikutnya.    

 

Duta Genre akan menjadi panutan untuk remaja yang berencana agar terhindar dari Tiga Permasalahan Kesehatan Reproduksi Remaja (Triad KRR). Duta Genre harus siap untuk mengkampanyekan Triad KRR, yakni: Siap mengatakan tidak pada pernikahan usia dini, Siap mengatakan tidak pada hubungan seks di luar pernikahan, dan Siap mengatakan tidak pada narkoba.

(NR)



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas