• gambar
  • header

Selamat Datang di Website MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 KOTA BIMA. Terima Kasih Kunjungannya

Pencarian

Kontak Kami


MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 KOTA BIMA

NPSN : 50223278

Jl.Wolter Monginsidi No.02 Kota Bima


info@man2kotabima.sch.id

TLP : (0374) 42374


          

Prestasi Siswa

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 72612
Pengunjung : 25335
Hari ini : 92
Hits hari ini : 252
Member Online : 0
IP : 3.92.28.52
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

Catatan Kepala MAN 2 Kota Bima Untuk Para Guru di Madrasah (Bagian 3)




Simak catatan Kepala MAN 2 Kota Bima, Muslihah, S.Pd untuk Para Guru/Pengajar/Pendidik di Madrasah di manapun berada.

 

Catatan 3:

 

Guru harus menjadi agen perubahan (agent of change) 

 

Seorang guru memiliki peran strategis dalam proses terjadinya perubahan, agar setiap guru mampu membawa perubahan yang konstruktif, maka profesi guru harus menjadi contoh dan teladan terlebih dahulu bagi masyarakat yang sedang mengalami degradasi moral.

 

Guru di masa depan merupakan salah satu profesi utama dalam mempertahankan kelompok idealisme daripada pragmatisme, guru merupakan harapan semua pihak untuk mendidik dan mengarahkan masyarakat Indonesia untuk kembali ke jati diri bangsa Indonesia yang sesungguhnya, guru berperan strategis sebagai agen perubahan (The agent of change), guru harus menjadi teladan bagi peserta didik maupun masyarakat. Oleh karena itu, guru harus mengikuti atau menerapkan pendidikan dan pelatihan berbasis karakter, guru dapat membangun karakter diri sebagai pribadi yang diidamkan melalui berbagai macam proses pelatihan diri.

 

Guru yang profesional dalam melaksanakan tugas dan fungsinya hendaknya dilandasi dengan semangat kebijakan pendidikan terkait dengan fungsi pendidikan sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II tentang Dasar, Fungsi, dan Tujuan pada pasal 3 yang menyatakan bahwa “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

 

Berdasarkan tujuan pendidikan nasional tersebut, fungsi pendidikan tidak semata-mata hanya untuk mengembangkan kemampuan saja, namun juga dimaksudkan untuk membentuk watak dan peradaban suatu bangsa yang bermartabat, pendidikan berrfungsi sebagai pembentuk watak atau karakter bangsa yang bermartabat atau sebagai bangsa yang memiliki budaya, bangsa yang bermartabat adalah bangsa yang menjunjung tinggi tata nilai dari suatu peradaban modern. Predikat bangsa yang bermartabat yaitu bangsa yang selalu menjunjung tinggi kebenaran, kejujuran, kesantunan, keramahtamahan, keberagaman, ketaatan pada aturan dalam hidup bermasyarakat, dan bernegara. Pendidikan harus berfungsi membentuk bangsa untuk menjadi bangsa yang bermartabat dan bangsa yang dapat hidup di dunia modern.

 

    




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas